PROFESI SEBAGAI PENJAGA PINTU PERLINTASAN KERETA API

BANYAK PROFESI DI KOTA BANDUNG, TAPI PERNAHKAH ANDA TAHU PEKERJAAN SEORANG PENJAGA PERLINTASAN KERETA API?? BERIKUT PENELUSURAN SAYA SEHARI BERSAMA SEORANG PENJAGA PINTU PERLINTASAN KERETA API DI JALAN MERDEKA BANDUNG.

ACEP EMAN SEORANG PENJAGA PINTU PERLINTASAN KERETA API DI JALAN MERDEKA POS 163 BANDUNG.
MESKI PENGHASILANNYA TAK SEBERAPA, NAMUN TUGAS ACEP INI TERBILANG PENUH RESIKO DAN TANGGUNG JAWAB, KARENA BERHUBUNGAN DENGAN NYAWA ORANG LAIN TERUTAMA DI MALAM HARI.
KESELAMATAN PENGENDARA YANG MELINTAS DI JALAN MERDEKA PADA MALAM HARI, DAN KERETA MALAM YANG KEBANYAKAN PATAS BERKECEPATAN TINGGI, OTOMATIS BERADA DI TANGANNYA.

PEKERJAAN SEPERTI INI TENTU SANGAT MEMERLUKAN STAMINA YANG CUKUP PRIMA, KARENA HARUS TETAP DALAM KONDISI BAIK DIANTARA PENGEMUDI YANG KELELAHAN DI MALAM HARI.
SEBELUM MENJADI PENJAGA PINTU PERLINTASAN, ACEP DAHULUNYA BERTUGAS UNTUK MEMBERSIHKAN JALUR-JALUR KERETA API DI KOTA BANDUNG.

ACEP MERASA BANGGA DENGAN PEKERJAANYA SEKARANG MESKI STATUSNYA KINI MASIH SEBAGAI KARYAWAN DI SALAH SATU PERUSAHAAN OUT SOURCING YANG BEKERJA SAMA DENGAN PT KAI.

UNTUK MENEMPUH KE TEMPAT KERJANYA, WARGA CIKALONG INI SETIAP HARINYA HARUS BERJALAN TIDAK KURANG DARI 3 KILO METER, MENYUSURI TEROWONGAN SASAK SAAT SEPANJANG 900 METER DAERAH DESANYA DARI RUMAHNYA MENUJU KE JALAN RAYA, DI DAERAH PADALARANG.
SETELAH SAMPAI DI KANTORNYA DI STASIUN BANDUNG ACEP MENGAKU HARUS KEMBALI BERJALAN MENUJU JALAN MERDEKA POST PERLINTASAN KERETA API TEMPATNYA BEKERJA.

HAL TERSEBUT DILAKUKAN ACEP SETIAP KALI BERKERJA, BAIK SIANG MAUPUN MALAM HARI,
TUGAS ACEP PUN CUKUP BERAT, KARENA DIRINYA HARUS MENGHAPAL KODE BERUPA BUNYI YANG DI KIRIMKAN DARI STASIUN- STASIUN KERETA API TERDEKAT DENGAN SEBUAH ALAT YANG DINAMAKAN GENTA(SEBUAH LONCENG YANG BIASA DIDENGAR DIDAERAH PINTU PERLINTASAN KERETA API).

GENTA YANG BERADA DI JALABN MERDEKA BANDUNG TERSEBUT MENURUT ACEP ADALAH GENTA TERTUA YANG ADA DI KOTA BANDUNG, BUNYI YANG DI BERIKAN DARI GENTA TERSEBUT PUN MEMPUNYAI MAKNA YANG BERBEDA UNTUK MENENTUKAN KAPAN KERETA AKAN MELINTAS DAN DARI ARAH MANA KERETA AKAN MELINTAS, HAL INI MENJADI BERAT JIKA DILAKUKAN DI MALAM HARI KARENA ALAT TERSEBUT PUN TIDAK SELALU HARUS TEPAT SESUAI DENGAN PERINTAHNYA, JADI MENURUT ACEP DIRINYA JUGA HARUS TETAP MEMANTAU, BERKONSENTRASI DAN MEMPERHATIKAN DARI ARAH MANA KERETA AKAN MELINTAS.

ADITYA PRATAMA.

About these ads

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: